SlideShow

0

WINDOWS

Microsoft Windows adalah serangkaian perangkat lunak sistem operasi dan antarmuka pengguna grafis yang diproduksi oleh Microsoft . Microsoft pertama memperkenalkan lingkungan operasi bernama Windows pada bulan November 1985 sebagai add-on untuk MS-DOS di respon dengan kepentingan tumbuh di antarmuka pengguna grafis (GUI). Microsoft Windows datang untuk mendominasi dunia komputer pribadi pasar, menyalip Mac OS , yang telah diperkenalkan sebelumnya. Pada Oktober 2009, Windows telah sekitar 91% dari pangsa pasar dari klien untuk penggunaan sistem operasi di Internet. yang paling terbaru versi klien Windows adalah Windows 7 ; yang paling baru server versi adalah Windows Server 2008 R2 , yang paling baru ponsel versi Windows Mobile 6.5 .

Versi Windows
Versi pertama dari Microsoft Windows, versi 1.0 , dirilis pada bulan November 1985, tidak memiliki tingkat fungsionalitas dan mencapai popularitas kecil, dan untuk bersaing dengan sistem operasi sendiri's Apple.

Microsoft Windows versi 2.0 dirilis pada bulan November 1987 dan sedikit lebih populer dibanding pendahulunya. Windows 2,03 (tanggal rilis Januari 1988) telah mengubah OS dari jendela ubin ke jendela yang tumpang tindih.
 Windows versi 3.0, dirilis pada tahun 1990, adalah Microsoft Windows versi pertama untuk mencapai keberhasilan komersial yang luas, menjual 2 juta kopi dalam enam bulan pertama. Ini fitur perbaikan pada user interface dan kemampuan multitasking. Ini menerima facelift pada Windows 3.1, yang dibuat secara umum tersedia pada tanggal 1 Maret 1992. Windows 3.1 dukungan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2001
Berikutnya dalam garis konsumen adalah Microsoft Windows 98 dirilis pada tanggal 25 Juni 1998. Itu substansial dikritik karena kelambatan dan untuk unreliability dibandingkan dengan Windows 95 , tapi banyak masalah dasar kemudian diperbaiki dengan rilis Windows 98 Edisi Kedua pada tahun 1999. dukungan Mainstream untuk Windows 98 yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2002 dan dukungan diperpanjang untuk Windows 98 yang berakhir pada tanggal 11 Juli 2006. 
Sebagai bagian dari "yang" baris profesional, Microsoft merilis Windows 2000 pada Februari 2000. Versi konsumen berikut adalah Windows 98 Windows Me (Windows Millennium Edition). Dirilis pada bulan September 2000, Windows Me menerapkan beberapa teknologi baru untuk Microsoft: dipublikasikan terutama adalah " Universal Plug and Play ".
Pada Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP , versi dibangun di atas Windows NT kernel yang juga mempertahankan kegunaan berorientasi pengguna Windows 95 dan penerusnya.
Pada bulan April 2003, Windows Server 2003 diperkenalkan menggantikan Windows 2000 kini produk server dengan sejumlah fitur baru dan fokus yang kuat pada keamanan; ini diikuti di bulan Desember 2005 oleh Windows Server 2003 R2. 
Pada 30 Jan 2007 Microsoft merilis Windows Vista . Ini berisi sejumlah fitur baru , dari shell didesain ulang dan antarmuka pengguna untuk signifikan perubahan teknis , dengan fokus khusus pada fitur keamanan
Kelebihan :
     1. proses boot/shut down lebih cepat
     2. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih
         sedikit
     3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
     4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
     5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.


Kelemahan / Kekurangan :
    1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows
    2. Bug pada Windows Player 12
    3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows
    4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows
Namun karena yang muncul sekarang masih merupakan versi uji coba, sehingga masih terdapat banyak kekurangan. ”Tampilannya mendekati Windows Vista dan terlihat lebih hidup. Tetapi untuk secara keseluruhan memang belum bisa dinilai, karena versi finalnya belum keluar.

Sejarah Windows
Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program).Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu.
Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan.Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri – X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Perintah dasar Windows Run Command 
Tips kali ini akan menjelaskan perintah-perintah dasar pada command run windows secara lengkap,penjelasan pada tips ini tidak menjelaskan secar detail tapi hanya memberikan penjelasan serta pemanggilan dan fungsi dari command run yang akan di jalankan.
berikut tips yang saya sediakan :

• Appwiz.cpl --> Used to run Add/Remove wizard
• Calc --> Calculator
• Cfgwiz32 --> ISDN Configuration Wizard
• Charmap --> Character Map
• Chkdisk --> Repair damaged files
• Cleanmgr --> Cleans up hard drives
• Clipbrd --> Windows Clipboard viewer
• Control --> Displays Control Panel
• Cmd --> Opens a new Command Window
• Control mouse --> Used to control mouse properties
• Dcomcnfg --> DCOM user security
• Debug --> Assembly language programming tool
• Defrag --> Defragmentation tool
• Drwatson --> Records programs crash & snapshots
• Dxdiag --> DirectX Diagnostic Utility
• Explorer --> Windows Explorer
• Fontview --> Graphical font viewer
• Fsmgmt.msc --> Used to open shared folders
• Firewall.cpl --> Used to configure windows firewall
• Ftp - ftp program
• Hostname --> Returns Computer's name
• Hdwwiz.cpl --> Used to run Add Hardware wizard
• Ipconfig --> Displays IP configuration for all network adapters
• Logoff --> Used to logoff the computer
• MMC --> Microsoft Management Console
• Msconfig --> Configuration to edit startup files
• Mstsc --> Used to access remote desktop
• Msinfo32 --> Microsoft System Information Utility
• Nbtstat --> Displays stats and current connections using NetBIOS over TCP/IP
• Netstat --> Displays all active network connections
• Nslookup--> Returns your local DNS server


Seperti yang kita tahu, proses instalasi windows adalah kegiatan yang membosankan dan memboroskan waktu. Tapi walau bagaimanapun instal ulang windows harus kita lakukan karena berbagai macam alasan, misalnya, komputer menjadi lambat karena terserang virus atau terlalu seringnya kita mencoba 
software baru atau trial atau bahkan karena satu dan lain hal, komputer kita tidak jalan karena windowsnya error.
Kali ini kita saya akan mencoba cara cepat install windows atau lebih tepatnya “cara cepat install ulang windows” .
Sebelumnya, kita perlu melakukan langkah-langkah persiapan sebagai berikut:
1.      Install Windows lengkap dengan driver dan software-software yang sering digunakan atau gunakan Windows yang sudah terinstall di komputer anda. Jangan lupa, optimasi dulu instalasi windows tersebut dan pastikan bebas virus agar kita punya backup windows yang bener-bener optimal dan siap kerja.
2.      Siapkan Bootable CD atau Disket DOS.
3.      Siapkan software clonning harddisk, misalnya, norton ghost (lebih baik yang versi lama, versi 11 atau yang lebih lama).

Langkah-langkah backup windows:
1.      Lakukan booting ke DOS
2.      Jalankan software norton ghost
3.      Pilih local > partition > To Image
4.      Pilih Source Drive lalu klik OK
5.      Pilih Source Partition (partisi windows yang akan kita backup) lalu klik OK
6.      Pilih Partisi yang akan kita gunakan untuk menyimpan file backup kita, ketikkan nama file backup kita, lalu klik Save.
7.      Setelah itu akan muncul kotak konfirmasi yang menanyakan apakah kita akan mengkompress file backup kita ataukah tidak. Pilih No jika memang kapasitas hardisk kita masih cukup banyak atau pilih fast atau high untuk menghemat kapasitas hardisk kita.
Tunggu proses backup tersebut sampai selesai, biasanya sekitar 5-10 menit, tergantung kecepatan hardisk dan besarnya file yang ada di partisi windows yang kita backup.
Langkah-langkah me-restore windows dari backup yang kita buat:
1.      Booting lewat DOS
2.      Jalankan norton ghost
3.      Pilih local > partition > From Image
4.      Pilih File Image atau Backup yang telah kita buat tadi.
5.      Pilih Source Partition lalu klik OK
6.      Pilih Destination Drive (Drive Tujuan) lalu klik OK
7.      Pilih Destination Partition (partisi tujuan tempat kita akan merestore backup kita tsb) lalu klik OK
8.      Selanjutnya akan muncul kotak konfirmasi apakah kita akan melanjutkan proses restorasi tsb. Pastikan langkah anda benar karena partisi tujuan akan terhapus dan isinya akan digantikan dengan backup yang kita buat tadi. Kalau sudah yakin, klik Yes dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Proses penginstalan selesai..

0 komentar:

Posting Komentar