SlideShow

0

LINUX


Linux adalah system operasi yang disebarluaskan secara garatis dibwah lisensi GNU General Puplic License (GPL),Yang berarti juga SOURCE CODE.linux tersedia.Jika anda menginginkan sitem operasi yang ahandal,stabil dan cepat dalam mengakses suatu program ataupun data,dan anda membutuhkan sebagai PC standalone maupun jaringan dengan tanpa membayar  extra charge serta tidak ingin pusing karena computer anda terkena virus maupun defragmentasi file setiap minggu sekali,ataupun setiap malam hari ketika menjelang tidur.
Sistemoperasi linux meliputi True-multitasking,virtual memory,shered libraries,demand-loading,proper memory management dan Multiuser,Linux seperti layaknya Unix mendukung banyak software mulai dari Tex,X windows,GNU C/C++ sampai ke TCP/IP.
Sejarahnya
Linux merupakan sebuah system operasi yang serupa dengan UNIX,dan merupakan implementasi  independen dari sistem operasi POSIX ,dengan extensi SYSV dan BSD  system operasi UNIX yang terutama berjalan di mesin (baca: mikroprosesor) keluarga intel 80386DX,atau yang lebuh baru,perkembangan berikutnya,LINUX dapat berjalan diatas beberapa mesin lainnya seperti Sun,Sparc,Mac,Power PC,DEC alpha,dan PPC MK86.
Keunggulan linux
Selain  merupakan sistem operasi yang bias di dapatkan setiap orang secara gratis,linux juga mempunyai banyai banyak keunggulan ,antara lain:
§  Open source ; LINUX merupakan salah satu system Open source,yang berarti member kesempatan kepada penggunanya untuk meliahat program asal dan atau mengubahnya sesuai keperluan tanpa terkena sanjsi property righ dibawah lisensi GNU.
§  Freeware ; LINUX merupakan salah satu system yang Freeware di bawah lisensi GNU,yang memungkinkan orang secara pribadi,benerapa orang,maupun instansi untuk memakai dan menyebarkannya tanpa dituntut royalty oleh penciptanya.
§  Minimal hardware ; LINUX tidak memerlukan wardware  yang mahal.Minimal hardware yang dibutuhkan adalah prosesor intel 386DX,dengan ram minimal 8MB,serta kapasitas hardisk 85mb. Untuk keperluan khusus linux dapat di jalankan hanya dengan satu atau dua disket saja,misalnya pada computer harddiskless (tanpa harddisk) dan router.
§  Share libraries ; LINUX merupakan penomoran versi sharedLibraries.Share Libraries di LINUX mencantumkan fersi pada nama file-nya,sehingga memungkinkan untuk menginstal versi barunya tranpa merusak keterkaitan program lain.sedangkan kebanyakan Aplikasi windows menginstal vers-versi baru dari dynamic Link Libraries (DLL),yang pada umumnya mengakibatkan aplikasi lain meminta versi yang berbeda dari DLL tersebut tidak berfungsi semestinya.pe nomoran versi dari shared Libraries adakah satu hal yang mendasari LINUX.

§  Non-Fragmentasi ; (tanpa defrag MS Windows) yang memudahkan bagi penggunanya untuk membuat,mengedit dan menghapus file tanpa kuatir terjadi fragmentasi pada data atau program yang ada.Karena LINUX memakai system file eXt2fs (Secontd Extended File System) yang mempunyai keunggulan Fragmentasi otomatis,Dan masih banyak lagi
Kelemahan Linux :
Selein banyak keuntungan yang bias anda dapat dalam system operasi lunux,ada juga beberapa keerugian di antaranya adalah:
v  Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan windows sehingga perlu waktu dan tenaga Extra untuk belajar penggunaannya.
v  Penggunaan WYSYWYG (What You See Is What You Get),belum bias secara menyeluruh,sehingga diperlukan trik tersendiri untuk penggunaannya.

Mengenal Linux :
Ø  Login User  : Linux memiliki login user atau operator yang tidak terbatas jumlahnya sehingga memungkinkan pemakaian sehingga 254 klien secara bersamaan,dan di lengkapi dengan peswodr.
Ø  Akses Sistem File : Linux mendukung 34 macam akses system file yang berbeda.
Ø  Emulator : Linux menyediakan emulator untuk menjalankan aplikasi yang di desain.
Ø  Partiton Mounting : Linux fleksibel di dalam partition mounting.Linux biasanya melakukan mount partisi,file,direktori,atau alamat perangkat keras sebagai file,sehingga lebih fleksibel,karena tak dibatasi oleh jumlah,dan seterusnya.

Sedikit cara menginstal LINUX
·         Nyalakan komputer dan masukkan CD installer sistem operasi Linux Debian.
·         Ubah first boot device pada BIOS menjadi CD-ROM.
·          Tekan enter untuk masuk ke boot Debian.
·         Lalu pilih bahasa yang akan digunakan, kita pilih yang Indonesia, lalu enter.
·         Selanjutnya muncul pilih layout keyboard, kita pilih yang Inggris Amerika, lalu enter.
·         Setelah itu tunggu proses deteksi hardware untuk penggerak CD-ROM.
·         Selanjutnya muncul deteksi hardware jaringan, kita pilih yang tanpa kartu Ethernet, lalu enter.
·          Setelah itu akan muncul mengkonfigurasi jaringan, lalu pilih teruskan,kemudian pilih untuk melanjutkan proses instalasi.
·          Setelah itu isi nama host untuk sistem ini, contohnya latief, lalu pilih teruskan dan enter untuk melanjutkan.
·          Setelah itu tunggu proses untuk memulai program pemartisi harddisk.
·          Selanjutnya muncul partisi harddisk, kita pilih terpadu gunakan seluruh harddisk, lalu enter.
·          Selanjutnya muncul pilih harddisk yang akan dipartisi, lalu enter.
·          Muncul pola partisi, pilih yang pertama, lalu enter.
·          Setelah itu muncul panduan tentang proses partisi pilih yang kedua, lalu enter untuk melanjutkan.
·         Dan masih banyak lagi sampai di minta memasukkan password.

Perintah-perintah dasar LINUX
Sekilas beberapa Perintah untuk berbagai operasi dasar di sistem operasi linux

·         any_command --help = Menampilkan keterangan bantu tentang pemakaian perintah.
·         ls = Melihat isi file dari direktori aktif
·         ls -al = Melihat seluruh isi file pada direktori aktif beserta file hidden
·         cp source destination = Mengopi suatu file
·         mv source destination = Memindahkan atau mengganti nama file
·         ln -s source destination = Membuat Simbolic Links
·         rm files = Menghapus file
·         rm -r files = Menghapus file, direktori dan subdirektorinya
·         less filename = Melihat suatu file layar per layar
·         halt reboot (sebagai root) Halt atau reboot mesin.
·         man topic Menampilkan daftar dari sistem manual pages (help) sesuai dengan
·         topic.
·         apropos topic = Menampilkan bantuan manual berdasarkan topik.
·         pwd = Melihat direktori kerja saat ini
·         hostname = Menampilkan nama local host (mesin dimana anda sedang bekerja).
·         whoami = Mencetak login name anda
·         id username = Mencetak user id (uid) atau group id (gid)
·         date = Mencetak atau merubah tanggal dan waktu pada computer
·         time =Melihat jumlah waktu yg ditangani untuk penyelesaian suatu proses + info
·         lainnya.
·         who = Melihat user yang login pada komputer kita.

 PENGERTIAN SUSE LINUX DAN SEJAREHNYA

 SUSE [ˌoʊpɛnˈsuː], sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional,[2] , adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System-Entwicklungsgesellschaft mbH,Nürnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan -sistem).
 SUSE Linux awalnya merupakan distro Slackware terjemahan bahasa Jerman. Ada informasi tidak resmi yang mengatakan bahwa S.u.S.E berhubungan dengan ilmuwan komputer Jerman Konrad Zusekarena pengucapan namanya yang sama.

Sejarah
SUSE bermula di awal tahun 1990-an di mana Linux terdiri dari sekitar 50 keping disket dan dapat diunduh/diambil lewat internet, tetapi pengguna potensial yang memiliki koneksi internet tidaklah banyak. Kemudian S.u.S.E. GmbH menghimpun disket-disket Linux yang dapat dibeli (tanpa harus memiliki koneksi internet). SuSE tersebarluas oleh Suse GmbH dengan lokalisasi instalasi dalam bahasa Jerman dan dengan itu menciptakan distribusi dari banyak pengguna berbahasa Jerman. Alat instalasi dari Slackware diganti dengan YaST hasil pengembangan Suse GmbH sendiri. Mulai April 1994 Paket Suse-Linux Versi 1.0 mulai menggunakan CD, tidak lagi dalam disket (yang sudah mencapai 70 keping).
Mulai versi 7.0 sampai dengan 9.1 tersedia dua versi Suse Linux: Personal dan Professional. Di samping itu tersedia juga versi bagi pelajar. Paket pembaruan dengan harga yang pantas untuk versi Professional juga tersedia tanpa cetakan buku pedoman administrasi.Pada 4 November 2003Novell mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi SuSE

0 komentar:

Posting Komentar