SlideShow

0

DOS

DOS (Disk Operating System) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.



Keluarga DOS terbagi menjadi bebrapa kelas, yakni :
  •  MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBMPC/Compatible.
  •   IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
  •  DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/MGary Kildall.
  •   Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
  •   FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.
Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan promptPrompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan simbol promptlainnya dengan menggunakan perintah PROMPT.
Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor padamodus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

Sejarah
MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Pengembangan
IBM dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS; di mana versi IBM yang langsung dibundel dengan komputer IBM PC disebut dengan "IBM PC-DOS" (singkatan dari International Business Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada awalnya, IBM hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis oleh Microsoft, seperti program-programnya atau utilitas yang disertakannya. Karena itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS. Tapi, MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsenstrasi untuk mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2.
MS-DOS pun berkembang dengan cukup cepat, dengan fitur-fitur signifikan yang diambil dari beberapa sistem operasi lainnya seperti Microsoft Xenix--salah satu varian sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh Microsoft--dan DR-DOS milik Digital Research, serta produk-produk utilitas lainnya seperti Norton Utilities dari Symantec Corporation (produk yang diadopsi seperti Microsoft Disk Defragmenter),PC-Tools dari Central Points (produk yang diadopsi seperti Microsoft Anti-Virus), manajer memori diperluas atau EMM (Expanded Memory Manager) QEMM dari Quarterdeck (produk yang diadopsi seperti EMM386), kompresi disk (atau disk compression) DriveSpace dari Stac Electronics, dan masih banyak produk yang diadopsi lainnya.

Versi MS-DOS
v  MS-DOS Versi 1.xx
Ini adalah versi awal di mana MS-DOS pertama kali diluncurkan oleh Microsoft. Isinya, tentu saja sangat primitif dan hanya berisi kerangka dasar saja: tidak ada tampilan grafik untuk mengelola berkas, tidak mendukung jaringan.Versi pertama dari DOS ini hanya mendukung IBM PC Model 5150 dan semua perangkat keras pendukungnya, seperti hanya mendukung disket single-side floppy disk dengan ukuran 5½ inci berkapasitas 160K saja.
v  MS-DOS Versi 2.xx
Pada awal tahun 1983, IBM meluncurkan IBM PC XT (Extended Technology), sebagai perbaikan dari versi IBM PC 5150. IBM PC XT dilengkapi dengan sebuah hard disk 10M, antarmuka masukan/keluaran berjenis serial (RS-232 atau lebih dikenal dengan antarmuka COM),RAM dengan kapasitas 128K, sebuah floppy disk drive double-side 360K dan tiga buah slot ekspansi.
v  MS-DOS Versi 3.xx
IBM meluncurkan IBM PC-AT (Advanced Technology) pada musim panas 1984. komputer IBM PC AT menggunakan mikroprosesor Intel 80286 (16-bit) berkecepatan 6MHz, memori RAM berkapasitas 256K, sebuah disket drive 1.2M 5¼ inci, sebuah hard disk 20M, dan kartu video berwarna (standar CGA).
DOS 3.0 adalah versi yang dapat mendukung fungsi jaringan, walaupun terbatas pada jaringan dengan konsep kelompok kerja (workgroup) dan terkoneksi sebagai sebuah klien pada sebuah server. Pengguna dapat menggunakan teknologi jaringan yang dibuat oleh IBM, Token Ring pada sistem operasi DOS.
v  MS-DOS Vesi 4.xx
Pada tahun 1988, sistem operasi dengan tampilan grafis mulai menjamur. Microsoft juga meluncurkan Windows versi 1.0 pada tahun 1985 dan Windows versi 2.0 pada tahun 1989. Pada DOS versi 4.0 ini, Microsoft membuat sebuah program shell dengan nama DOS Shell, yang memiliki tampilan seperti DOS Executive milik Windows versi 1.0. Pada saat itu, ada sebuah program shell yang juga populer yang berjalan di atas sistem operasi DOS, dengan nama Norton Commander (NC) yang dibuat oleh Peter Norton.
v  MS-DOS Versi 5.xx
Di sini yang sukses adalah Intel Corporation, karena mikroprosesor yang digunakan diproduksi jauh lebih banyak, akibat permintaan yang lebih banyak. Karena komputer tersebut menggunakan mikroprosesor buatan Intel Corporation, maka yang kedapatan sukses kedua adalah Microsoft dengan DOS-nya.
v  MS-DOS Versi 6.xx
MS-DOS versi 6.0 ini dirilis pada tahun 1993. Versi ini memiliki banyak utilitas tambahan, seperti halnya Antivirus (MSAV.EXE), Virus Protection (VSAFE.COM) yang diadopsi dari Central Point PC-Tools. Selain itu, ada juga utilitas untuk melakukan defragmentasi hard disk (DEFRAG.EXE) yang diadopsi dari Symantec Norton Utilities, utilitas untuk memeriksa hard disk dari kesalahan penempatan berkas dan kerusakan (SCANDISK.EXE) sebagai pengganti CHKDSK.EXE, dan berbagai perbaikan dari utilitas yang ada sebelumnya.
v  MS-DOS Versi 7.xx
MS-DOS versi 7.0 ini dirilis hanya beberapa bulan sebelum Microsoft meluncurkan Windows 95, sebuah versi Windows yang benar-benar independen dari MS-DOS. Sebenarnya, Windows 95 tidaklah benar-benar 100% bebas dari MS-DOS, hanya saja memang beberapa fungsionalitas yang sebelumnya ditangani oleh kernel MS-DOS, sekarang ditangani oleh Windows.

Adapun sistem operasi dapat dibagi menjadi :
  • Operasi sistem yang sudah ada pada IC
  • Sistem operasi dalam bentuk disk
Sistem operasi dalam bentuk disk lebih dikenal dengan DOS (Disk Operating Sistem) yang dibagi menjadi PC DOS dan MS DOS.
Ø  PC DOS adalah suatu sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan IBM Computer DOS ini hanya digunakan pada komputer IBM PC yang asli, tetapi jika selama memakai sistem operasi dari PC DOS tidak menimbulkan masalah maka kita bisa terus memakainya .


ü  Keunggulan PC DOS
  • Pengaturan dan pencetakan dapat dilakukan secara bersamaan apabila persyaratan untuk berlangsungnya perintah internal dipenuhi
  • PC DOS dapat menduplikasikan / memindahkan, membatalkan, penghapusan atau perubahan nama terhadap berkas file tertentu.
  • Dapat dipergunakan untuk melihat isi suatu directory ataupun file dapat melakukan format terhadap floppy disc atau hardisk
ü  Kelemahan PC DOS
  • Penggunaannya terbatas tidak seperti MS DOS yang semakin tinggi tingkat versinya, semakin baik . 
  • Pemakaiannya kurang umum karena hanya digunakan oleh orang-orang yang hapal pada komputer .
  • Tidak dapat memformat hardisk diatas 2 gigabyte.
Ø  MS DOS (VERSI 5.0)
MS DOS adalah suatu sistem opersi yang berasal dari perusahaan microsoft. DOS ini telah ada pada program lain serta dapat dipakai secara umum baik oleh orang yang bisa komputer maupun yang sedang dalam belajar karena dipakai secara umum dan program-program pada tiap versinya hampir sama.
Keunggulan MS DOS (VERSI 5.0)
  • Kontrol HMA (High Memory Area) adalah sistem yang dapat mengontrol kerja memory diatas 640 KB untuk mesin berprosesor 80286, 80386, 80486 ataupun jenis yang lebih baik dengan kontrol HMA selain proses menjadi cepat ada juga dapat meletakkan sistem DOS di daerah HMA tersebut sehingga menghemat pemakain ruang memory dasar.
  • Mampu menjalankan driver dan program aplikasi pada HMA untuk mesin berprosesor 80386 atau prosesor yang lebih baik.
  • Utility DOS Shell sekarang mampu bekerja dalam bentuk grafik.
  • Terdapat bantuan sistem yang berupa petunjuk langsung (Online Help) sehingga untuk mengetahui cara memakai suatu intruksi sekarang menjadi mudah.
  • Editor yang memiliki kemampuan proses yang lebih baik dan efisien.
  • Kemampuan kontrol partisi media hard disk mencapai 2 GB (1 GB = 1024 MB).
  • Memiliki kemampuan untuk melacak suatu teks yang ada pada suatu file hingga pada directory yang majemuk.
  • Pada intruksi dir, tampilan darifile dan directory dibedakan.
  • Tersedia fasilitas macro dan penanganan media keyboard  yang amat berguna.
  • Bagi pembuat program dalam bahasa BASIC sekarang disediakan compiler yang sudah terkenal yaitu Microsoft Quick Basic.
  • Kemampuan kontrol media hard disk sekarang ditingkatkan.
  • Mendukung pemakaian media disk drive berkapasitas 2.88 MB.
  • Instalansi sistem dapat dilakukan dengan mudah.
  • Tersedianya utility setver yang mampu mengubah versi file sehingga dapat dipakai beberapa sistem.
  • Sekarang kontrol atribut file menjadi lebih mudah dengan ditingkatkannya instruksi eksternal attris.
  • Disediakan driver HIMEM. Sys yang dulu hanya disediakan pada sistem microsoft windows.
Kelemahannya
  • Kata-kata untuk sistem operasi tidak dapat diterjemahkan kedalam bahasa yang kita inginkan.
  • Jumlah memory pada MS DOS telah ditentukan oleh perusahaan pada tiap operasinya.

 
Berikut ini adalah daftar perintah-perintah command prompt yang ada pada MS-DOS mode di Windows XP. Untuk informasi lebih spesifik mengenai suatu perintah, ketik HELP nama-perintah di jendela Command Prompt.

ASSOC
Menampilkan atau mengubah asosiasi ekstensi file.
AT
Menjadwalkan perintah dan program agar berjalan di komputer pada waktu tertentu.
ATTRIB
Menampilkan atau mengubah atribut suatu file.
BREAK
Mengatur atau menghilangkan pemeriksaan extended CTRL+C.
CACLS
Menampilkan atau mengubah daftar kontrol akses (ACLs) dari files.
CALL
Memanggil sebuah program batch dari program batch yang lain.
CD / CHDIR
Menampilkan nama atau mengubah direktori sekarang.
CHCP
Menampilkan atau mengubah nomor active code page.
CHKDSK
Memeriksa sebuah disket/harddisk dan menampilkan laporan status disket/harddisk tersebut.
CHKNTFS
Menampilkan atau mengubah proses pemeriksaan disket pada saat booting.
CLS
Menghapus layar jendela command prompt.
CMD
Menjalankan interpreter perintah Windows yang baru.
COLOR
Mengubah warna teks dan latar pada command prompt.
COMP
Membandingkan isi dari dua atau beberapa file.
COMPACT
Menampilkan atau mengubah kompresi file pada partisi NTFS.
CONVERT
Mengkonversi FAT ke NTFS. Anda tidak dapat mengkonversi drive yang sedang aktif.
COPY
Menyalin satu atau beberapa file ke lokasi lain.
DATE
Menampilkan atau mengubah tanggal.
DEL / ERASE
Menghapus satu atau beberapa file.
DIR
Menampilkan daftar file dan subdirektori dalam sebuah direktori.

0 komentar:

Posting Komentar